Rabu, 20 Agustus 2014

Obyek Wisata Goa Selomangleng di Kediri


Goa Selomangleng adalah salah satu tempat wisata di Kota Kediri yang letaknya berada di Barat Kota Kediri,tempat wisata yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung di karenakan tempatnya yang sejuk dan pemandangan yang sangat indah.

Kata orang jaman dahulu konon katanya menceritakan kisah kehidupan Dewi Kilisuci. Ada yang bilang  bahwa Goa Selomangleng merupakan tempat pertapaan atau meditasi Dewi Kilisuci, putri dari raja Airlangga pendiri kerajaan Kahuripan yang menjadi cikal bakal kerajaan Djenggala dan Panjalu, untuk mengharap tuhan melindungi rakyatnya dari amukan Djotosuro, seorang raja buruk rupa yang gagal mempersuntingnya. Ada juga yang bilang  Dewi Kilisuci menyepi ditempat tersebut karena ingin menjauhi kehidupan duniawi, terlebih statusnya sebagai putri kerajaan. Meskipun demikian, kedua versi masyarakat itu sama-sama menyebut bahwa Dewi Kilisuci menyepi hingga muksa. ''aku sih juga gak tau pasti dari cerita itu…..''

Sementara itu, tak jauh dari lokasi Gua ini juga terdapat Museum Airlangga yang banyak sekali menyimpan benda-benda arkeologi seperti patung dan arca peninggalan kerajaan. Pengunjung dapat memanfaatkan tempat ini untuk penambahan pengetahuan tentang sejarah kerajaan di Kediri. Namun sayang museum ini belum dilengkapi catalog yang berisi sejarah kediri secara lengkap.
Dibelakang museum, terdapat sebuah bukit yang disebut Maskumambang. Diatas bukit terdapat tiga makam tua yang diyakini sebagai makam Boncolono, Tumenggung Mojoroto, serta Poncolono. Konon katanya mereka bertiga adalah pendekar sakti yang gerah melihat rakyat kelaparan oleh Belanda. Sehingga mereka melakukan perlawanan dengan menjadi pencuri budiman.

Boncolono yang menjadi pemimpin pencuri dikenal sakti mandraguna. Namun sayang perlawanan mereka dipatahkan oleh penghianat yang silau dengan iming-iming yang ditawarkan penjajah. Akhirnya Boncolono tertangkap, badannya dimakamkan di Makumambang dan kepalanya di Banjaran untuk menghindari ia hidup kembali ''katanya siih,,pastinya saya tidak tahu''

Untuk dapat mencapai puncak Maskumambang, pengunjung Tempat Wisata Kediri harus melewati anak tangga yang berjumlah ribuan. Memang cukup melelahkan untuk mencapai puncak, namun yakinlah bahwa lelah itu akan terbayarkan dengan pemandangan indah kota Kediri dari puncak bukit.
Untuk dapat menikmati semua fasilitas diatas, pengunjung hanya dikenai tiket masuk area Selomangleng sebesar Rp.3000,- per-orang dan tiket tambahan sebesar Rp.2.000 untuk museum. Tiket itu dipungut hanya pada hari Sabtu, Minggu serta hari besar lainnya.
Jadi jika anda kebetulan sedang tour Kediri, mampirlah ke  Gua Selomangleng di jamin tidak menyesal deh kalau udah liat pemandangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar